Blogger Widgets bunga hias

Jumat, 11 Januari 2013

 Krisan merupakan tanaman bunga hias berupa perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) berasal dari dataran Cina. Krisan kuning berasal dari dataran Cina, dikenal dengan  Chrysanthemum indicum (kuning),  C. morifolium (ungu dan pink) dan C. daisy (bulat, ponpon). Manfaat utama dari krisan adalah sebagai bunga pot dan bunga hias. Tetapi masih terdapat beberapa manfaat dari tanaman krisan, diantaranya:
1.    Herminia de Guzman Ladion, seorang kesehatan Filipina memasukkan krisan sebagai salah satu jenis tanaman obat penyembuh ajaib. Jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman krisan antara lain sakit batuk, nyeri perut oleh angin, dan sakit kepala akibat peradangan rongga sinus.
2.    Ramuan (resep) pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman krisan misalnya:

a.    Sakit batuk produktif akibat kongesti dan bronkhitis diobati dengan rebusan 1 mangkuk daun dan bunga krisan (Chrysanthemum indicum) kering dalam 2 gelas air selama 15 menit, kemudian air rebusan tadi diminum. Dosis anjuran adalah setiap jam meminum 1/2 mangkuk (dewasa), 1/4 mangkuk (anak umur 7-12 tahun), 2 sendok makan (anak umur 2-6 tahun), atau satu sendok teh (bayi).

b.    Nyeri perut karena angin yang berlebihan dalam perut dan usus, diobati dengan daun krisan yang dirajang atau ditumbuk, kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut digosokan pada perut dengan menggunakan kain kebat, lalu dibiarkan selama semalam atau minimal 4 jam.

3.    Tanaman penghasil racun serangga alami.

a.    Jenis Chrysanthemum cinerariaefolium VS mengandung zat “pyrethrin” yang amat beracun bagi aneka macam serangga, tetapi tidak merupakan racun bagi hewan berdarah panas.

b.    Zat pyrethrin dapat digunakan antara lain sebagai campuran bahan pembuat obat nyamuk.

4.    Krisan jenis Chrysanthemum morifolium atau Chrysanthemum indicum, yang berwarna putih atau kuning bisa dijadikan teh krisan atau Chrysanthemum Tea. Khasiatnya untuk menyembuhkan influenza, jerawat dan mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Bisa juga digunakan untuk obat demam, mata panas dan berair, pusing-pusing, serta untuk membersihkan liver. Selain itu teh krisan bermanfaat untuk penyembuhan jantung koroner, hiperkolesterol (kolesterol tinggi), mengurangi rasa sakit pada penderita radang hati. Manfaat tersebut didapatkan karena krisan mengandung vitamin C, beta karotene, kalsium, serat, zat besi, kalium, dan magnesium. Adapun cara untuk membuat teh krisan:
- Bahan :
Daun atau bunga krisan secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
- Cara membuat : 
1.    Cuci bersih daun/bunga krisan dengan air mengalir (pencucian hingga 5 kali).
2.    Selanjutnya daun dilayukan dengan cara menggosok daun dengan gilingan kayu atau botol, lalu kering anginkan.
3.    Sedangkan bungan krisan untuk teh perlu dikukus dahulu untuk pelayuan.
4.    Selanjutnya dilakukan pengeringan menggunakan sinar matahari langsung atau oven dengan suhu 600 C selama 24 jam hingga daun atau bunga kering.
5.    Selanjutnya dikemas untuk siap digunakan sebagai teh.
Sumber : 
Rukmana, Rahmat. Ir.H. dan Asep Eka Mulyana., 1997. KRISAN. Kanisius. Yogyakarta
http://warintek.ristek.go.id
http://jatim.litbang.deptan.go.id
Oleh : Dessy Hertiasari
Vote :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar